Jumat, 01 Januari 2021

Cara Cek Pinjaman Online di OJK yang Mudah dan Cepat

Semua lembaga ataupun perusahaan finansial di Indonesia yang sudah memiliki legalitas akan diawasi oleh lembaga independen bernama OJK. Begitu juga dengan fintech pinjaman online yang sedang marak saat ini. Perlu diketahui bahwa ada beberapa cara untuk melakukan cek daftar pinjaman online terbaik OJK agar Anda tidak terjebak pada pinjol ilegal. Silahkan pilih mana cara yang Anda anggap lebih mudah.


Mengapa melakukan pengecekan pinjaman online yang terdaftar di OJK ini menjadi hal yang penting? Seperti yang sering kita dengar banyak kasus penipuan dan bahkan bunuh diri yang terjadi akibat jeratan pinjaman online. Tingginya bunga serta cara penagihan yang kurang manusiawi bisa membuat orang stres dan nekat. Itu semua akibat meminjam uang di pinjaman online tidak terdaftar di OJK alias ilegal.

Langkah dan Cara Cek Pinjaman Online di OJK

1. Lewat Situs Resmi OJK

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan menyediakan situs resmi untuk memudahkan masyarakat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkannya. Termasuk juga mereka yang ingin melihat daftar fintech pinjaman online apa saja yang sudah legal dan terdaftar di OJK. Cara pengecekan melalui website atau situs resmi milik OJK ini sangat mudah.

a. Langsung saja Anda masuk dan mengakses laman situs resmi OJK yaitu “https://www.ojk.go.id” dan masuklah ke halaman utamanya.

b. Setelah itu pilihlah menu “Publik”

c. Lalu pilih carilah ikon 4 garis horizontal yang letaknya di sebelah Menu

d. Pilih pada “Berita dan Kegiatan” lalu lanjutkan ke menu “Publikasi”

e. Kemudian pilih “Penyelenggara Fintech Terdaftar dan Berizin di OJK”

Daftar fintech yang ada di laman OJK selalu di update dan merupakan versi yang terbaru. Anda juga bisa mengunduh dan mencetak daftar tersebut langsung dari laman resmi OJK.

2. Lewat Kontak Resmi OJK

Cara cek pinjaman online di OJK tidak hanya bisa dilakukan dengan mengakses laman situs resminya saja. Anda juga bisa mengecek nama-nama fintech legal di OJK melalui nomor kontak resmi yang disediakan. Anda bisa langsung menghubungi nomor kontak kantor OJK sesuai daerah domisili dan tanyakan tentang legalitas fintech tersebut.

3. Cara Cek Lewat Email Resmi OJK

Cara cek pinjaman online di OJK juga bisa dilakukan melalui email resmi OJK. Ajukan pertanyaan dan kirimkan langsung ke alamat email konsumen@ojk.co.id atau ke waspadainvestasi@ojk.co.id. Kedua alamat email tersebut bisa Anda gunakan untuk menanyakan daftar fintech yang sudah legal.

4. Datang Langsung ke Kantor OJK Setempat

Kalau merasa tidak puas dengan cara virtual lewat situs, telepon atau email masih ada cara lainnya yang bisa dilakukan. Cara cek pinjaman online di OJK bisa juga dilakukan dengan datang langsung ke kantor setempat. Selain di Jakarta, kantor OJK memiliki kantor cabang di beberapa kota. Dengan datang dan bertanya langsung mungkin Anda akan merasa lebih mantap.

5. Melalui Situs AFPI

AFPI atau Asosiasi Fintech Pembiayaan Bersama Indonesia merupakan lembaga penyelenggara fintech Peer to Peer Lending (P2P). AFPI diresmikan dan ditunjuk oleh OJK untuk mengawasi fintech pinjol yang ada di Indonesia. Nah, situs resmi AFPI juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara cek pinjaman online di OJK.

Caranya yaitu langsung klik saja pada link “afpi.or.id/ members” untuk mengecek apakah fintech tertentu sudah menjadi anggota AFPI atau belum. Fintech pinjol yang sudah terdaftar di OJK akan terdaftar juga di AFPI.

Selain melakukan pengecekan daftar fintech yang sudah legal dan tercatat di OJK apakah semuanya sudah aman? Secara umum memang sudah cukup aman tapi akan lebih baik kalau melakukan antisipasi lainnya. Lengkapi cara cek pinjaman online di OJK yang Anda lakukan dengan beberapa tips untuk memilih fintech terbaik.

Tips Memilih Fintech Pinjaman Online Terbaik

1. Memiliki Review dan Nilai Positif dari Pengguna

Tips yang pertama lihat bagaimanakah review dan penilaian yang diberikan oleh pengguna kepada fintech pinjol tersebut. Bagaimana cara untuk mengetahuinya? Lihatlah review serta penilaian pada aplikasi fintech tersebut lewat Playstore. Jika mayoritas memberikan penilaian yang positif silahkan dilanjutkan.

2. Bunga Masuk Akal

Setelah selesai melakukan langkah dan cara cek pinjaman online di OJK jangan lupa untuk melihat juga besaran bunga yang ditawarkan. Mayoritas kasus pinjaman online berawal dari nasabah yang tidak mempertimbangkan bunganya dengan matang. Salah satu tips agar tidak masuk jeratan pinjaman online adalah jangan pilih fintech dengan bunga tinggi.

Cari dan pilihlah fintech pinjaman online yang menawarkan bunga wajar dan masuk akal agar Anda mampu melunasinya. Terlebih lagi kalau Anda berencana untuk meminjam dana cukup besar dengan rentang waktu lebih lama. Artinya besarnya bunga yang harus dibayarkan juga akan menjadi lebih besar. Umumnya fintech pinjol legal memberikan bunga 1% - 3% saja.

3. Melakukan Verifikasi pada Nasabah

Perhatikan apakah fintech pinjaman online tersebut dengan mudahnya mencairkan dana tanpa melalui survey terlebih dahulu? Kalau iya sebaiknya batalkan saja karena kemungkinan besar itu pinjol abal-abal yang menjerat nasabah.

Seperti juga saat akan meminjam uang di bank konvensional, fintech pinjaman online yang legal akan melakukan verifikasi lebih dulu. Mereka akan menelpon nasabah untuk melakukan verifikasi data sebelum mencairkan dana pinjaman.

Dengan mengetahui bagaimana cara cek pinjaman online di OJK yang benar diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang tertipu oleh pinjol ilegal. Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi tentang pinjaman online yang legal dan terpercaya melalui https://www.cekaja.com/pinjaman-online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar